Cara mudah Mengatasi Apache Tidak bisa Running pada XAMPP

Share:
Cara mengatasi Apache Tidak Running pada Xampp - Biasanya hal ini bisa terjadi karena adanya aplikasi lain yang sedang menggunakan port yang sama dengan aplikasi Apache pada XAMPP ini sehingga tidak memungkinkan akan bisa berjalan secara bersamaan.

Nahh untuk itu kita bisa merubah setingan pada XAMPP Tersebut dengan merubah Port pada XAMPP nyaa.
Berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Bukalah folder Xampp anda , biasanya akan tersave default di C:\xampp
  2. Setelah itu bukalah file httpd.conf pada folder C:\xampp\apache\conf\ lalu bukalah file tersebut melalui notepad.
  3. kita akan melakukan perubahan pada file httpd.conf 
  4. Tekan CTRL+F di notepad anda lalu Cari kata “Listen 80” dan ubahlah menjadi “Listen 8080“.
  5. Masih di dalam file yang sama, carilah kata “Servername localhost:80” kemudian ubah menjadi “Servernamelocalhost:8080“.
  6. Lalu klik simpan / CTRL + S.
  7. Selanjutnya, bukalah file httpd-ssl.conf pada folder C:\xampp\apache\conf\extra\ , lalu buka melalui notepad lagi.
  8. Tekan Tombol CTRL+F Lalu Carilah kata “Listen 443” dan ubahlah menjadi “Listen 4499“.
  9. Masih di dalam file yang sama setelah itu carilah kata “VirtualHost _default_:443” kemudian ubahlah menjadi “VirtualHost _default_:4499“.
  10. Masih di dalam file yang sama. Lalu carilah kata “Servername localhost:443” dan ubahlah menjadi “Servername localhost:4499
  11. Lalu sekarang tinggal anda coba XAMPP nyaa. Silahkan buka aplikasi XAMPP anda lalu klik Start pada Apache tersebut. Dan jika muncul perintah “Apache started [port 80]“, maka bukalah browser anda lalu ketik http://localhost:8080/xampp. dan Jika berhasil maka Web Service Apache tersebut telah berjalan pada port 8080.
Nah, kira-kira begitulah cara mengatasi Apache XAMPP yang tidak bisa running. Semoga itutorial ni bisa menjadi solusi bagi Anda yang sedang kesulitan mengatasi nya.
Jika menggunakan cara diatas tetap tidak bisa berjalan , silahkan sampaikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah, kemudian saya akan mencoba membantu mencari solusinya.
Salam FUNNYChannel :)

No comments